Propolis Nano - Obat Alami Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan penyakit berbahaya yang tumbuh pada Lidah. Kanker lidah adalah jenis umum dan serius dari kanker kepala dan leher. Kondisi ini biasanya muncul sebagai sel skuamosa (tempat, benjolan putih atau ulkus) pada lapisan luar lidah. Studi penelitian menunjukkan bahwa orang dengan riwayat nikotin dan ketergantungan alkohol memiliki insiden yang lebih tinggi kanker lidah. Lebih dari 10.000 orang Amerika didiagnosa setiap tahun dengan kanker lidah. Ketika kanker terbentuk di depan dua-pertiga dari lidah, itu diklasifikasikan sebagai jenis kanker rongga mulut disebut kanker lidah mulut. Kanker yang berkembang di sepertiga sisanya lidah disebut kanker dasar lidah dan dianggap sebagai bentuk tenggorokan (orofaringeal) kanker.

 obat kanker

Kanker Lidah sendiri disebabkan oleh berbagai macam hal seperti:
  • Asap Rokok
  • Banyak mengkonsumsi Alkohol
  • Pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai
  • Kebersihan mulut yang kurang terjaga
  • Radang kronis dan genetik dapat menjadi penyebab kanker lidah.
  • Dll

Gejala-gejala munculnya kanker lidah dapat ditandai dengan hal-hal sebagai berikut:
Biasanya terdapat luka (ulkus) seperti sariawan yang tidak sembuh dengan pengobatan yang adekuat,
  • Mudah berdarah
  • Nyeri lokal
  • Nyeri yang menjalar ke telinga
  • Nyeri menelansulit menelan
  • Pergerakan lidah menjadi semakin terbatas

Pengobatan kanker lidah berdasarkan stadium kanker, umumnya dilakukan dengan operasi, radioterapi atau kemoterapi. Kanker pada dasar lidah biasanya dirawat dengan kombinasi kemoterapi dan terapi radiasi (kemoradiasi), kadang-kadang diikuti dengan pembedahan.

Obat herbal tradisional kanker lidah
Obat herbal kanker lidah adalah daun murbei, jus kulit manggis dan obat alami kanker lidah adalah propolis nano.
Murbei sebagai salah satu tumbuhan yang berpotensi sebagai tumbuhan obat telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yang sebagian besar memang menggunakannya sebagai pakan ulat sutra. Namun manfaat bagi kesehatan tak kalah hebatnya. Morus alba L. termasuk suku Moraceae memiliki nama asing Sangye berasal dari Cina, tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 mdpl menyukai daerah yang cukup basah seperti lereng gunung dan berdraenase baik. Tumbuhan ini dibuidayakan dengan stek ataupun okulasi.

Manfaat yang bisa kita peroleh bisa berasal dari bagian daun, batang, ranting, akar dan kulit batang. Daun bersifat pahit, manis dingin, masuk meridian paru dan hati. Bersifat sebagai peluruh kentut (karminatif), peluruh keringat (diaforetik), peluruh kencing (diuretik), mendinginkan darah, pereda demam (antipiretik) dan menerangkan pengelihatan. Daun murbei juga merupakan sumber yang kaya resveratrol, yang merupakan senyawa anti kanker. Selain itu daun murbei mengandung banyak anthocyanin, yang bermanfaat mencegah penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah).

Obat alami kanker lidah
Obat alami kanker lidah adalah propolis nano. Lembaga Riset Kanker Columbia, 1991 menyatakan bahwa dalam propolis terdapat zat CAPE yang berfungsi mematikan sel kanker. Dengan pemakaian Propolissecara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50%. Propolis kaya akan kandungan alkaloid, flavonoid sebagai antioksidan, polifenol, saponin, tanin dan quercetin. Menurut Costas Koumenis, asisten profesor di Pusat Kesehatan Baptis Universitas Wake Forest, Amerika Serikat, propolis pun kaya kandungan CAPE (Caffeic Acid Phenetyl Eester). CAPE bersifat antiperadangan dan berfungsi melindungi kerusakan sel hati akibat pemberian obat-obatan kemoterapi.

Khasiat propolis sebagai pembunuh sel kanker dibuktikan oleh Tri Yuliati SKM dari LPPT UGM. Ia menguji keampuhan propolis untuk menguji sel HeLa dan sel SiHa (kanker rahim), sel T47D (kanker payudara), serta MCF7 (kanker payudara). Hasilnya, propolis mempunyai nilai LC50 15,625-62,5 g/ml. LC50 adalah konsentrasi yang menyebabkan kematian sel kanker sebesar 50%.